RANGKUMAN DESAIN PERMODELAN GRAFIK
DESAIN GRAFIS
Disusun oleh :
1.
Amardito
Syafaat Perdana (50418650)
2.
Fisla
Salsa Eka Ananda Putri (52418780)
3.
Hisyam Dzaki Suatma (53418164)
4.
Rahmad
Kurnia Aji Santoso (55418810)
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh
Alhamdulillah, puji syukur kita
panjatkan kehadirat Allah SWT atas semua rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami
dapat menyelesaikan tugas rangkuman Desain Permodelan Grafik.
Judul rangkuman ini adalah “Desain
Grafis”, dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih atas
dorongan dan bantuan yang kami dapatkan, sehingga dapat menyelesaikan rangkuman
ini. kami menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat dalam makalah ini.
Semoga rangkuman ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.
Bekasi, 15 Maret 2021
Penulis
DAFTAR
ISI
TUGAS 3
RANGKUMAN 3
TUGAS
- Beragam produk desain grafis
dengan ciri dan perbedaanya dari tiap era/dekade.
- Beragam perangkat keras dan
perangkat lunak yang digunakan untuk memodelkan desain grafis.
- SKKNI (Standar Kompetensi Kerja
Nasional Indonesia) yang terkait dengan profesi desain grafis.
RANGKUMAN
- Produk Desain Grafis
Pengembangan perangkat lunak
multimedia membutuhkan metode tersendiri yang tidak sama dengan metode
pengembangan perangkat lunak klasik. Hal ini disebabkan multimedia merupakan
kombinasi dari elemen teks, gambar diam/foto/seni grafis, suara, animasi, dan
video yang dimanipulasi secara digital. Metode-metode yang dianalisa mempunyai
kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga tidak dapat ditentukan mana
yang lebih baik. Dari kelebihan dan kekurangan masing-masing metode, pengembang
dapat memilih metode mana yang paling cocok untuk dirinya. Permana (1994)
mencatat beberapa pembagian produk-produk yang bisa dihasilkan dari pekerjaan
desain grafis, yaitu:
1. Dokumen yang bersifat persuasif
:: iklan
:: undangan
:: permohonan undangan
:: poster
:: selebaran
:: prospektus
:: brosur
2. Dokumen yang menunjukkan identitas
:: kartu nama
:: sertifikat dan izazah
:: label dan tag
:: alat tulis kantor
3. Dokumen yang memberikan informasi
:: brosur
:: rencana pengajaran
:: proposal
:: jadwal
:: daftar produk
:: program
:: lembaran kerja
:: laporan
4. Publikasi berkala dan tidak
:: newsletter
:: majalah
:: laporan penelitian
:: jurnal
:: buletin
:: tabloid
:: koran dinding
:: pengumuman
5. Dokumen yang menghendaki jawaban
:: Daftar isian riwayat hidup
:: formulir
:: lembar soal
:: kuesioner
:: lembar isian
6. Dokumen yang memberikan referensi
:: kalender
:: direktori
:: buku telepon
:: daftar barang
:: jadwal
:: buku alamat
7. Dokumen yang menunjukkan suatu
proses
:: kurikulum
:: manual kerja
:: manual latihan
:: prosedur latihan
:: petunjuk
:: resep masakan
- Perangkat Keras dan Perangkat
Lunak Desain Grafis
VGA (Video Graphics Adapter) adalah
suatu perangkat keras komputer yang berfungsi menerjemahkan tampilan ke layer
monitor. VGA juga sering disebut sebagai kartu grafis. VGA digunakan untuk
mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat
keras kartu grafisnya. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video,
diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Selain itu, VGA juga dapat mengacu
kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan
sinyal video analog ke monitor. Saat ini teknologi sudah semakin maju dan
berkembang, para developer-developer GPU (Graphics Processing Unit) mulai
meningkatkan kemampuan mereka dalam menghasilkan sebuah vga card yang bagus.
a. Software yang digunakan untuk
membuat objek vector
● Corel Draw
● Adobe Illustrator
● Inkspace
b. Software yang digunakan untuk
membuat objek bitmap
● Adobe Photoshop
● Corel Photo Paint
● Gimp
- SKKNI (Standar Kompetensi Kerja
Nasional Indonesia) profesi desain grafis.
Standar
Kompetensi Kerja Nasional Indonesia mengenai desain grafis, terdapat didalam
keputusan menteri ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 301 Tahun 2016.
tardapat pada bab 2 mengenai standar kompetensi kerja nasional indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Binanto, Iwan. "Perbandingan
Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia." Prosiding Seminar
RiTekTra. Vol. 1. 2013.
Hasibuan, Sholatiah. "Perangkat
keras komputer." OSF Preprints. April 17 (2020).
Jubilee Enterprise. 2015. Belajar
Desain Grafis untuk Pemula. Jakarta:
PT Elex Media Komputindo.
Keputusan Menteri Ketenagakerjaan
Republik Indonesia Nomor 301 Tahun 2016 tentang penetapan Standar Kompetensi
kerja nasional Indonesia kategori aktivitas profesional, ilmiah, dan teknis
golongan pokok aktivitas profesional, ilmiah dan teknis lainnya bidang desain
grafis dan desain komunikasi visual.
Sitepu, Vinsensius. "Panduan
mengenal desain grafis." Diambil dari http://www. belajargrafis. imywebsit
(2006).
Comments
Post a Comment