RANGKUMAN DESAIN PERMODELAN GRAFIK

DESAIN GRAFIS


 

 

 


Disusun oleh :

1.     Amardito Syafaat Perdana (50418650)

2.     Fisla Salsa Eka Ananda Putri (52418780)

3.     Hisyam Dzaki Suatma (53418164)

4.     Rahmad Kurnia Aji Santoso (55418810)

 

 

 

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

            Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas semua rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas rangkuman Desain Permodelan Grafik.

            Judul rangkuman ini adalah “Desain Grafis”, dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih atas dorongan dan bantuan yang kami dapatkan, sehingga dapat menyelesaikan rangkuman ini. kami menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat dalam makalah ini. Semoga rangkuman ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

 

 

Bekasi, 15 Maret 2021

 

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR                                                                                                          1

DAFTAR ISI                                                                                                                         2

TUGAS                                                                                                                                  3

RANGKUMAN                                                                                                                    3

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                            7


TUGAS

  1. Beragam produk desain grafis dengan ciri dan perbedaanya dari tiap era/dekade.
  2. Beragam perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk memodelkan desain grafis.
  3. SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang terkait dengan profesi desain grafis.

 

RANGKUMAN

  1. Produk Desain Grafis

Pengembangan perangkat lunak multimedia membutuhkan metode tersendiri yang tidak sama dengan metode pengembangan perangkat lunak klasik. Hal ini disebabkan multimedia merupakan kombinasi dari elemen teks, gambar diam/foto/seni grafis, suara, animasi, dan video yang dimanipulasi secara digital. Metode-metode yang dianalisa mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga tidak dapat ditentukan mana yang lebih baik. Dari kelebihan dan kekurangan masing-masing metode, pengembang dapat memilih metode mana yang paling cocok untuk dirinya. Permana (1994) mencatat beberapa pembagian produk-produk yang bisa dihasilkan dari pekerjaan desain grafis, yaitu:

1.      Dokumen yang bersifat persuasif

:: iklan

:: undangan

:: permohonan undangan

:: poster

:: selebaran

:: prospektus

:: brosur

2.      Dokumen yang menunjukkan identitas

:: kartu nama

:: sertifikat dan izazah

:: label dan tag

:: alat tulis kantor

3.      Dokumen yang memberikan informasi

:: brosur

:: rencana pengajaran

:: proposal

:: jadwal

:: daftar produk

:: program

:: lembaran kerja

:: laporan

4.      Publikasi berkala dan tidak

:: newsletter

:: majalah

:: laporan penelitian

:: jurnal

:: buletin

:: tabloid

:: koran dinding

:: pengumuman

5.      Dokumen yang menghendaki jawaban

:: Daftar isian riwayat hidup

:: formulir

:: lembar soal

:: kuesioner

:: lembar isian

6.      Dokumen yang memberikan referensi

:: kalender

:: direktori

:: buku telepon

:: daftar barang

:: jadwal

:: buku alamat

7.      Dokumen yang menunjukkan suatu proses

:: kurikulum

:: manual kerja

:: manual latihan

:: prosedur latihan

:: petunjuk

:: resep masakan

 

  1. Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Desain Grafis

VGA (Video Graphics Adapter) adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi menerjemahkan tampilan ke layer monitor. VGA juga sering disebut sebagai kartu grafis. VGA digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Saat ini teknologi sudah semakin maju dan berkembang, para developer-developer GPU (Graphics Processing Unit) mulai meningkatkan kemampuan mereka dalam menghasilkan sebuah vga card yang bagus.

a.       Software yang digunakan untuk membuat objek vector

       Corel Draw

       Adobe Illustrator

       Inkspace

b.      Software yang digunakan untuk membuat objek bitmap

       Adobe Photoshop

       Corel Photo Paint

       Gimp

  1. SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) profesi desain grafis.

            Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia mengenai desain grafis, terdapat didalam keputusan menteri ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 301 Tahun 2016. tardapat pada bab 2 mengenai standar kompetensi kerja nasional indonesia.



DAFTAR PUSTAKA

Binanto, Iwan. "Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia." Prosiding Seminar RiTekTra. Vol. 1. 2013.

Hasibuan, Sholatiah. "Perangkat keras komputer." OSF Preprints. April 17 (2020).

Jubilee Enterprise. 2015. Belajar Desain Grafis untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 301 Tahun 2016 tentang penetapan Standar Kompetensi kerja nasional Indonesia kategori aktivitas profesional, ilmiah, dan teknis golongan pokok aktivitas profesional, ilmiah dan teknis lainnya bidang desain grafis dan desain komunikasi visual.

Sitepu, Vinsensius. "Panduan mengenal desain grafis." Diambil dari http://www. belajargrafis. imywebsit (2006).

 

Comments

Popular posts from this blog

Dongeng Asal Usul Nama Pancoran

Sortir & Tabel

MAIL MERGE