Pengenalan Microsoft excel

SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL


Pertama kali Microsoft Excel diluncurkan pada tahun 1985 tapi masih tersedia pada sistem operasi Mac OS atau Macintosh dan itupun masih hanya bernama Excel , tanpa Microsoft didepannya . Pada tahun 1987 barulah diluncurkan  Excel untuk sistem operasi Windows dan dinamakan versi 2.0 .
Microsoft Excel berhasil mendahului pesaing beratnya terdahulu yaitu lotus 1-2-3 yang dimana terlambat mengeluarkan versi windowsnya dan masih menggunakan MS-DOS . Pada tahun 1988 Excel pun berhasil total menggeser pesaingnya itu pada pasar dan menjadi salah satu software spredsheet yang sangat populer dan handal .
Keberhasilan Microsoft itu membuat mereka selalu berkembang dan selalu mengeluarkan versi terbaru dari Microsoft Excel setiap 2 tahun sekali , hingga sekarang yang terbaru yaitu Microsoft Excel 2013 untuk sistem operasi windows dan Excel for Mac untuk sistem operasi Mac OS .
Pada awal peluncuran dari Excel tersebut , microsoft dituntut perusahaan perusahaan lainnya yang juga bergerak pada bidang finansial dan juga mengeluarkan produk yang dinamai Excel . Pada akhir tuntutan itu Microsoft dikalahkan perusahaan tersebut dan barulah sepenuhnya berganti nama menjadi Microsoft Excel . 
Setelelah penuntutan itu Microsoft tidak terlalu mengambil masalah itu , malah pihak Microsoft membeli nama software dari perusahaan penuntut tersebut dan dipastikan lagi tidak ada masalah persoalan nama Excel tersebut .

Pada versi sebelumnnya Microsoft Excel masih memakai ekstensi .xls sampai versi 11.0 ( Microsoft Excel 2003) , namun pada versi 12.0 ( Microsoft Excel 2007 ) dan seterusnya Microsoft Excel memakai ekstensi .xlsx yang dimana pada ekstensi tersebut lebih ringan dari ekstensi sebelumnya .

VERSI VERSI DALAM MICROSOFT EXCEL
  1. Excel 1-5 Tahun 1985-1994 
  2. Excel 95 atau excel 7 Tahun 1995
  3. Excel 97 atau excel 8
  4. Excel 2000 atau Excel 9 Di rilis bulan Juni tahun 1999 
  5. Excel 2002 atau Excel 10 di rilis 31 mei 2001
  6. Excel 2003 2007, 2010, 2013,2016

Menu Kontrol

  1. New, yang dilambangkan dengan simbol merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.
  1. Open, disimbolkan dengan lambang merupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
  1. Save,merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
  1. Save As, tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut. 
Keterangan:
Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan Microsoft Excel 2007.
Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format lain.
Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003.
Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa.



QUICK ACCESS TOOLBAR


Secara default Quick Access Toolbar terdiri atas tiga buah button yaitu, Save (untuk menyimpan file atau dokumen yang kita kerjakan), Undo (untuk membatalkan perintah terakhir), dan yang terakhir yaitu Redo (untuk membatalkan Undo atau mengulang kembali perintah yang dibatalkan).


RIBBON

Pengertian ribbon excel sendiri adalah kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan kategori kemiripan fungsi-fungsinya. Mulai dari Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View serta tab-tab lain yang tersembunyi.

Ribbon pada excel berguna untuk mempermudah pemakai untuk menggunakan tombol-tombol yang di anggap penting. Agar proses pengerjaan file excel dapat lebih cepat di selesaikan.

BAGIAN BAGIAN RIBBON
  • Tabs Menu : Berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan sesuai fungsinya. Secara default terdapat Tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View. Sedangkan Tab Developper disembunyikan. untuk menampilaknnya kita perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu. 
  • Group Menu: Didalam masing-masing Tab tombol dikelompokkan lagi dalam beberapa group. Maisng-masing group dipisahkan dengan Garis vertikal. Pada Tab Page Layout diatas terdapat Group Themes, Pade setup, Scale to fit, Sheet Options dan Arrange.
  • Command Buttons : Didalam group terdapat beberapa Command Button atau tombol perintah sesuai dengan fungsi masing-masing. 
  • Dialog Box Launcher : Pada beberapa sudut Menu Group terdapat Dialog Box Launcher untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing group yang secra default pengaturan ini tidak ditampilkan.

TABS PADA BAGIAN RIBBON

  • TAB HOME
  • TAB INSERT
  • TAB PAGE LAYOUT
  • TAB FORMULAS
  • TAB DATA
  •  TAB REVIEW
  • TAB VIEW 



Comments

Popular posts from this blog

Dongeng Asal Usul Nama Pancoran

Sortir & Tabel

MAIL MERGE