Pengenalan Microsoft excel
SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL
Menu Kontrol
Pertama kali Microsoft Excel diluncurkan pada tahun 1985 tapi masih tersedia pada sistem operasi Mac OS atau Macintosh dan itupun masih hanya bernama Excel , tanpa Microsoft didepannya . Pada tahun 1987 barulah diluncurkan Excel untuk sistem operasi Windows dan dinamakan versi 2.0 .
Microsoft Excel berhasil mendahului pesaing beratnya terdahulu yaitu lotus 1-2-3 yang dimana terlambat mengeluarkan versi windowsnya dan masih menggunakan MS-DOS . Pada tahun 1988 Excel pun berhasil total menggeser pesaingnya itu pada pasar dan menjadi salah satu software spredsheet yang sangat populer dan handal .
Keberhasilan Microsoft itu membuat mereka selalu berkembang dan selalu mengeluarkan versi terbaru dari Microsoft Excel setiap 2 tahun sekali , hingga sekarang yang terbaru yaitu Microsoft Excel 2013 untuk sistem operasi windows dan Excel for Mac untuk sistem operasi Mac OS .
Pada awal peluncuran dari Excel tersebut , microsoft dituntut perusahaan perusahaan lainnya yang juga bergerak pada bidang finansial dan juga mengeluarkan produk yang dinamai Excel . Pada akhir tuntutan itu Microsoft dikalahkan perusahaan tersebut dan barulah sepenuhnya berganti nama menjadi Microsoft Excel .
Setelelah penuntutan itu Microsoft tidak terlalu mengambil masalah itu , malah pihak Microsoft membeli nama software dari perusahaan penuntut tersebut dan dipastikan lagi tidak ada masalah persoalan nama Excel tersebut .
Pada versi sebelumnnya Microsoft Excel masih memakai ekstensi .xls sampai versi 11.0 ( Microsoft Excel 2003) , namun pada versi 12.0 ( Microsoft Excel 2007 ) dan seterusnya Microsoft Excel memakai ekstensi .xlsx yang dimana pada ekstensi tersebut lebih ringan dari ekstensi sebelumnya .
VERSI VERSI DALAM MICROSOFT EXCEL
VERSI VERSI DALAM MICROSOFT EXCEL
- Excel 1-5 Tahun 1985-1994
- Excel 95 atau excel 7 Tahun 1995
- Excel 97 atau excel 8
- Excel 2000 atau Excel 9 Di rilis bulan Juni tahun 1999
- Excel 2002 atau Excel 10 di rilis 31 mei 2001
- Excel 2003 2007, 2010, 2013,2016
Menu Kontrol
- New,
yang dilambangkan dengan simbol merupakan perintah untuk menampilkan
lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai
pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.
- Open,
disimbolkan dengan lambang merupakan perintah untuk membuka dokumen
Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB
Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
- Save,merupakan
perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat
atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam
hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
- Save
As, tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda
dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila
diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar
berikut.
Keterangan:
•Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format
file default dan Microsoft Excel 2007.
•Excel Macro Enabled
workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template
yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format
lain.
•Excel Binary
Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format
dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
•Excel 97-2003
Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format
yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel
1997 hingga 2003.
•Find add ins for
other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format
PDF atau XPS.
•Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog
Save As, sehingga kita leluasa.
QUICK ACCESS TOOLBAR
Secara default Quick
Access Toolbar terdiri atas tiga buah button yaitu, Save (untuk
menyimpan file atau dokumen yang kita kerjakan), Undo (untuk membatalkan
perintah terakhir), dan yang terakhir yaitu Redo (untuk membatalkan Undo
atau mengulang kembali perintah yang dibatalkan).
RIBBON
Pengertian ribbon excel
sendiri adalah kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan
dalam bentuk Tab berdasarkan kategori kemiripan fungsi-fungsinya. Mulai dari
Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View serta tab-tab lain
yang tersembunyi.
Ribbon pada excel berguna untuk mempermudah pemakai
untuk menggunakan tombol-tombol yang di anggap penting. Agar proses pengerjaan file
excel dapat lebih cepat di selesaikan.
BAGIAN BAGIAN RIBBON
- Tabs Menu : Berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan sesuai fungsinya. Secara default terdapat Tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View. Sedangkan Tab Developper disembunyikan. untuk menampilaknnya kita perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu.
- Group Menu: Didalam masing-masing Tab tombol dikelompokkan lagi dalam beberapa group. Maisng-masing group dipisahkan dengan Garis vertikal. Pada Tab Page Layout diatas terdapat Group Themes, Pade setup, Scale to fit, Sheet Options dan Arrange.
- Command Buttons : Didalam group terdapat beberapa Command Button atau tombol perintah sesuai dengan fungsi masing-masing.
- Dialog Box Launcher : Pada beberapa sudut Menu Group terdapat Dialog Box Launcher untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing group yang secra default pengaturan ini tidak ditampilkan.
TABS PADA BAGIAN RIBBON
- TAB HOME
- TAB INSERT
- TAB PAGE LAYOUT
- TAB FORMULAS
- TAB DATA
- TAB REVIEW
- TAB VIEW
Comments
Post a Comment