DataBase

PENGERTIAN DATABASE
Basis Data terdiri dari kata basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai markas atau gudang. Sedangkan data adalah catatan atas kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili objek seperti manusia, barang, hewan, konsep, peristiwa dan sebagainya yang diwujudkan dalam bentuk huruf, angka, simbol, gambar, teks, bunyi atau kombinasinya.


PENGERTIAN SISTEM BASIS DATA
Sistem basis data adalah sistem yang terdiri atas kumpulan tabel data yang saling berhubungan dan kumpulan program yang memungkinkan beberapa pemakai atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi tabel tabel data tersebut.


FUNGSI & TUJUAN BASIS DATA
Tujuan utama basis data merupakan untuk dapat memudahkan kita dalam memperoleh data yang kita cari. Selain itu ada beberapa tujuan basis data sebagai berikut yakni :
Kecepatan ataupun kemudahan dalam menyimpan, mengedit ataupun memanipulasi data serta dapat melihat data. Efisiensi ruang penyimpanan dengan database, kita bisa dapat menghindari terjadinya kesamaan data dengan yang menggunakan kode tertentu sehingga ruang penyimpanan menjadi lebih efisien.
a. Keakuratan
Pengkodean relasi antara data dengan menerapkan aturan batasan data dalam database yang akAN berguna untuk dapat menentukan ketidakakuratan penyimpanan.
b. Keamanan
Dalam sejumlah sistem aplikasi, basis data banyak digunakan untuk dapat menciptakan keamanan dengan melalui validasi tertentu. Bahkan juga kita bisa akan menentukan siapa yang bisa mengoperasikan database. Tentu saja dengan melalukan sejumlah pengkodean tertentu.
c. Dapat dipakai secara bersama sama
Basis data dapat di gunakan secara bersama sama melalui online maupun secara batch. Dengan begitu, pemanfaatan sumber daya manusia akan menjadi lebih efisien ataupun cepat

CARA MEMBUAT TABEL DATABASE

Langkah Pertama: Membuat Tabel Database

Pertama kita harus menentukan jumlah kolom tabel yang akan di gunakan. Contohnya: jika kita ingin membuat 10 kolom isian, maka Anda blok kolom A hingga kolom J, kemudian tampilkan kotak dialog 'Create Table' dengan memilih menu:

Insert > Tables > Tabel

Lalu klik 'OK'. Selanjutnya kita tinggal mengubah tulisan 'Column1' dan seterusnya sesuai dengan judul masing-masing kolom Anda.


Langkah Kedua: Menampilkan Icon Form

Pada awalnya menu perintah Form ini tidak ditampilkan pada menu di bagian sudut kiri atas (menu Ribbon), maka untuk dapat menampilkannya ikuti langkah berikut:

1.  Klik tanda panah kecil pada menu Ribbon lalu pilih 'More Commands...' (seperti terlihat dalam gambar di atas). Selanjutnya akan tampil kotak dialog 'Excel Options' yang menyorot menu 'Quick Access Toolbar'.
2.    Pada menu drop-down di bawah tulisan 'Choose commands from:', pilih 'Commands Not in the Ribbon', kemudian temukan dan pilih menu 'Form...' pada kotak daftar di sebelah kiri. Selanjutnya klik tombol 'Add >>', maka menu 'Form...' tersebut tampil di kotak daftar di sebelah kanan.
3.      Klik 'OK' dan icon telah berhasil Anda aktifkan (terlihat seperti pada gambar di bawah ini)


Setelah Anda melakukan langkah tersebut diatas, ketika menu icon Form Anda klik, maka form entri data ditampilkan dengan isian sesuai judul kolom tabel yang Anda buat sebelumnya.


Melalui kotak dialog form ini, Anda tidak hanya dapat membuat entri data, akan tetapi dapat pula meng-edit data yang telah tercatat pada daftar, menghapus data juga dapat mencari dan menampilkan data sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan. Adapun kriteria tersebut saya kasih contoh: setelah Anda meng-klik tombol 'Criteria', agar dapat menampilkan data dengan nama berawalan huruf 'J', maka pada isian Nama ketik J lalu Anda dapat mengklik tombol 'Find Next' atau 'Find Prev' untuk menampilkan data khusus yang telah terpilih.

Comments

Popular posts from this blog

Dongeng Asal Usul Nama Pancoran

Sortir & Tabel

MAIL MERGE